Tuesday, January 20, 2015

Trik Ampuh Sederhana Agar Cepat Diterima Kerja (Ala Deva)

The Post By : http://bloghebat13.blogspot.com/2015/01/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html

Bagi anda yang baru lulus kuliah dari perguruan tinggi, atau anda yang baru lulus dari SMK (sekolah menengah kejuruan) atau SMU (sekolah menengah umum). Dan anda berkeinginan untuk memasuki dunia kerja, Pada perusahaan tertentu yang membutuhkan tenaga dan keahlian anda. Tentunya sebelum anda mendapatkan sebuah pekerjaan, anda perlu mempersiapkan banyak hal supaya anda bisa diterima pada sebuah perusahaan.
Berikut trik sederhana dan ampuh agar anda cepat diterima kerja disebuah perusahaan


1. Sebelum Tes Interview Perhatikan Penampilan
Sebelum Anda melakukan tes interview, ada baiknya Anda memakai pakaian formal seperti kemeja yang berwarna terang namun tidak mencolok dan jangan pernah Anda menggunakan jeans untuk wawancara. Karena penampilan yang rapi adalah poin awal Anda saat menghadapi pewawancara.
2. Ketuk Pintu dan Bersalaman Saat Masuk Ruangan Interview
Setelah nama Anda dipanggil untuk memasuki ruangan interview, saya menyarankan agar Anda mengetuk pintu terlebih dahulu lalu memberi salam. Setelah dipersilahkan masuk, segeralah Anda menjabat tangan pewawancara untuk bersalaman karena ini berguna untuk mencairkan suasana yang tegang saat proses wawancara. Jangan lupa juga untuk memberikan sedikit senyuman.
3. Saat Interview Dimulai Lakukan Kontak Mata
Setelah Anda sudah melakukan cara seperti nomor satu dan dua, saatnya sekarang Anda lakukan kontak mata terhadap pewawancara. Saat Anda menjawab pertanyaan pewawancara, usahakan tatapan Anda jangan kosong atau melamun. Hal ini berguna agar pewawancara berpikir bahwa Anda orang yang sangat serius untuk mendapatkan pekerjaan pada bagian perusahaan mereka.
4. Menjawab Tes Wawancara Dengan Jelas
Saat Anda sedang ditanyakan sesuatu oleh pewawancara, berikanlah jawaban pada pewawancara dengan jelas dan tidak bertele-tele. Karena jika jawaban Anda bertele-tele itu menggambarkan orang yang yang tidak bisa fokus dalam suatu masalah. Berikanlah jawaban wawancara yang jelas dan relevan.
5. Menjaga Emosi Ketika Interview
Biasanya saat tes interview para pewawancara akan menanyakan tentang tempat kerja Anda sebelumnya. Lalu jika saat itu Anda ditanyakan kenapa Anda pindah dari perusahaan sebelumnya, maka jangan sampai Anda menjelek-jelekkan tempat kerja Anda sebelumnya ataupun masalah Anda dengan perusahaan sebelumnya (jika ada). Anda bisa menjawab misalnya "Saya pindah dari tempat kerja sebelumnya karena saya melihat peluang kerja yang lebih baik pada perusahaan Bpk / Ibu". Jawablah dengan cara diplomasi dan sopan tanpa menjelek-jelekkan pihak manapun.

7 Hal Yang Harus Dihindari Saat Interview Atau Wawancara Kerja
  • Hindari jawaban berbohong saat interview.
Point ini penting karena untuk menjaga kemungkinan anda terjebak dalam pengakuan sendiri tentang diri palsu anda. Biasanya saat interview kadangkala ada pertanyaan beruntun. Nah kalau pertanyaa yang jawabanya dimulai dengan suatu kebohongan, maka itu menambah PR baru buat anda untuk terus melanjutkan kebohongan. Jika ada tiba dipertanyaan yang anda sendiri tidak ketahui, kan berabe urusanya.
  • Hindari perasaan khawatir
Sebagian besar calon karyawan, khawatir disaat berhadapan dengan pewawancara. Kekhawatiran mereka disebabpka bermacam-macam. Khawatir tidak diterima kerja, khawatir tentang kualitas diri yang dimiliki terlalu rendah, khawatir jawaban yang diberikan tidak berkualitas, dll. Jika anda diwawancara dalam keadaan khawatir, maka otomatis jawaban yang diberikan tidak akan maksimal. Berusahalah untuk memberikan jawaban apa adanya, terima diri anda,“beginilah saya”. Ingat ! pewawancara lebih suka kepada seseorang yang jujur apa adanya, bahkan ketika dia jujur akan keburukanya.
  • Menggunakan kalimat tidak baku seperti "gue, lu, gak, emangnya, dll".
Ini jelas tidak boleh. Saat interview anda harus sadar bahwa anda berada dalam suasana formal. Usahakan berkata-kata dengan formal pula, namun ingat tetap enjoy, karena jangan sampai suasana formal membuat anda menjadi tegang, kaku dan terbata-bata alias grogi. Itu akan berpengaruh pada gangguan konsentrasi/pemikiran, sehingga jawaban-jawaban dari pertanyaan interview tidak maksimal.
  • Memalingkan wajah dari pewawancara saat menjawab
Ingat ! dalam proses interview, bukan hanya kualitas jawaban kita yang diperhatikan oleh pewawancara, akan tetapi sikap dan bahasa tubuh kita. Memalingkan waja dari pewawancara disaat menjawab adalah sesuatu hal yang tidak professional dan terkesan tidak percaya diri. Tentunya hal ini berpengaruh pada penentuan ya/tidaknya anda diterima kerja. Pihak perusahaan tentu tidak mau dong merekrut calon karyawan baru yang tidak professional dan tidak percaya diri.
  • Menggaruk kepala atau leher
Ini bukan suasana disaat anda ditembak pacar bro, bray, mas mbak… Gak pake menggaruk kepala atau leher kellesss… heheee… berusahalah untuk menjaga citra diri anda. Anda harus selalu terkesan professional.
  • Menyilangkan tangan di dada
Hal ini parah… anda jangan sampai melakukanya. Buatlah posisi dan tangan anda nyaman dengan tetap duduk normal selayaknya orang duduk.
  • Menggoyang kaki atau menyilangkannya
Kebanyakan calon karyawan disaat diwawancara, mereka tidak menyadari gerakan kakinya sendiri. Meski posisi kaki di bawah dan kecil kemungkinan sang pewawancara untuk melihatnya, namun hal ini sungguh tidaklah sopan. Anda harus rileks, enjoy, duduk dengan posisi normal jangan menampakan bahasa dan gerakan tubuh yang aneh-aneh.

Saya harap anda mencoba untuk mengikuti/mempraktekan saran sederhana saya di atas agar Anda  memiliki poin penting untuk lulus tes interview atau wawancara kerja. Tapi jangan lupa satu hal yang paling penting sebelum Anda menghadapi tes wawancara yaitu "berdo'a". Itulah beberapa tips yang bisa saya berikan agar lulus tes interview dan wawancara kerja.

No comments:

Post a Comment