Friday, June 9, 2017

Si Cadel Yang Malang



Ini bukan kisah seorang cadel yang lagi liburan ke Malang loh…. Ini kisah si cadel yang tak pernah menemukan jati hidupnya yang sebenarnya, Yang tak pernah mendapatkan pengakuan dan kebebasan hidup.. dari pada bertinggi rendah, kebingungan, mending langsung baca aja kali ya…..

Suatu hari saya pergi berkunjung kerumah Nenek di desa. Singkat cerita setelah melalui perjalanan panjang sepanjang jalan kenangan, kita slalu bergandeng tangan,… eh kok malah nyanyi…heheee maap, Lanjut ye…

Setiba dirumah Nenek, seperti biasa saya selalu ikut membantu pekerjaan Neneku. Dari pekerjaan awal beres-beres rumah, sampai pada urusan kebun dan hewan-hewan ternaknya. Yang buat saya jengkel adalah ngurusin hewan ternak, terutama Ayam. Ayam neneku itu udah gak bisa dihitung lagi. Sekedar gambaran, neneku itu diantara hewan-hewan ternaknya yang lain, ia paling suka dan perhatiaaaaan banget dengan ternak Ayamnya,, perhatianya itu ngalahin perhatianya ke kakeku. Pernah suatu hari Kakeku pulang dari kebun, sehabis mandi biasanya neneku siapin makan, atau siapin Teh dan duduk-duduk sambil nemanin cerita. ni karena gara-gara ada salah satu ayamnya yang lagi ngambek alias gak mau makan, ia malah sibuk ngurusin tu ayam, dibujuknya sampaaaiii dia kembali mau makan. Kakeku malah dibiarin ngurus sendiri, dari makan hingga bikin Teh sendiri. Meraaaana seeeendiri,,, Mirip Lagu dangdut ya, hehee. Ini serius loh…. 

Setiap pagi bukanya siapin sarapan dulu, malah ngasih makan Ayam dulu baru setelah itu siapin sarapan. Kalau ada salah satu ayamnya yang sakit, Neneku pasti ikutan Galau, ya seperti galau-galaunya ABG saat dicuekin pacarnya gitu heheee… urusan Ayam aja neneku bisa Baper loh… gimana saat dia pacaran dengan Kakeku dulu ya ? enggak bisa ngebayangin. Mungkin saat diputusin Kakek dulu, nenek juga pernah ngancam bunuh diri kali ye dengan mengiriskan silet ke nadi tangannya, padahal gak ke iris-iris juga, ya kan cuman ngancem,, seperti remaja-remaja alay jaman sekarang ini gitu…. Atau nggak, saat diselingkuhin Kakeku, Neneku ngancam dengan meminum racun, padahal nggak diminum-minum juga,, cuman ngancam-ngancam gitu, mau nyontohin kisah cinta Romeo dan Juliet,, ya tuk Pembuktian Cinta katanya….. (Ciee cieee…”) heheee….

Ok, kembali pada kejengkelanku di Ayam neneku tadi. Suatu pagi saya pernah dikasih Job buat ngasih makan Ayam.. eittsss… Job, kata-kata istilah dalam pekerjaan-pekerjaan proyek, ya supaya kren sedikit gitu. ya Saya senang aja ngambil job kasih makan ayam itu. Soalnya dipikiran saya, diantara job-job yang lain, ngasih makan Ayam’lah yang menurutku paling gampang. 

Setiba di pekarangan gubuk nenek, saya kaget, kok enggak ada ayam satupun disini ? saya berkali-kali manggil pun ayam hanya beberapa aja yang datang. pada kemanaaa ini,, trus saya mikir, Kalau Nenek manggil ayam kan biasa ada bunyi-bunyi tersendiri gitu dari mulutnya, ya tulisanya gini ni :
                “Korrrrr…!... Koorrrrrrrr…! ...kooorrrrrrrrrrrrrr...!!!”
Itu ngucapinya harus KPJ Loh (Bukan Komisi Pemberantasan Janda ya, tapi Kencang, Panjang dan Jelas)…… supaya ayam-ayam, sesibuk apapun dikejauhan mungkin betina-betinanya lagi pada nge-gosip , atau lagi pada dandan, atau juga ada yang lagi Carper (Cari Perhatian) dengan ayam jantan tetangga, (heheee tau aja),, pasti setelah mendengar bunyi itu akan berlari berlomba-lomba sekencang-kencangnya mendekat. Seperti kondisi umat manusia saat tiupan sangka kala pertama, heheee(Lebai), hampir mirip-mirip lah paniknya (kayak pernah ngerasa aja gitu). Bedanya aja kalo tiupan sangka kala menandakan kehidupan kita akan berakhir, sedangkan yang kode tadi menandakan saatnya para ayam-ayam nenek yang sok cantik cantik itu untuk makan. 

Nah yang jadi sialnya, saya kan “Cadel” gitu,, jangankan ngucapin huruf R dengan jelas, nyebutin huruf N dan D saja, saya masih kurang sempurna, apalagi nyebutin huruf R sempurna. Saya Cadel hampir parah ya meski enggak parah-parah amat, karena yang menempati urutan parah dikeluargaku itu masih ada yaitu ponakan yang kini sudah SMP. Setidaknya saya nggak hina-hina amat, ya secara teman-teman banyak yang bulli orang Cadel.
“Kor…kor…kor…,,, Kor…Kor…Kor…..” (Ya dibayangin aja ya orang cadel ngucapin itu)
saya udah teriak semampu saya, ayamnya gak bertambah, bahkan ada beberapa yang menghindar, soalnya makin lama makin Aneh kali ya teriakan saya. siaaall-sialll… Ni ayam-ayam bawel juga yak,, sok jual mahal amat sama saya. Ok saya tau.. cara manggil saya mungkin enggak pas, enggak sesuai dengan yang mereka inginkan, Tapi nggak gini-gini amat kali caranya, saya kan jadi down,, jangankan sesama manusia, sama Ayam pun ternyata saya masih nggak dihargai gini… huuuffttt….

Ya itulah Frends kisah sedih dihari minggu, yang slalu menyiksaku. Heheee La ini bukan sekedar lagu,, kejadianya emang pas di hari minggu dan menyiksa banget…uuugghhh…. Soalnya gara-gara itu saya dimarahin sama nenek,,
“Kamu ini, dikasih kerjaan untuk kasih makan ayam saja tidak becus,, apalagi kalau berumah tangga ?”
La kan berbeda Nek antara ngasih makan ayam dengan urusan rumah tangga… emang aku akan bersuamikan Ayam gitu ?? hmmm…. Lagian emang dasar si Ayamnya aja yang sok sibuk dan sok penting amat, perasaan pacar saya dan mantan-mantan saya (ngaku banyak mantan hehee) enggak pernah giniian saya, gak pernah juga komplain tuh kalau saya Cadel…

---------To Be Continued----------

No comments:

Post a Comment